Kamis, 03 November 2011

Vegetarian!

Ada salah satu hal lagi yang bisa kita lakukan untuk membantu mengurang efek global warming, yaitu dengan menjadi vegetarian. Tapi sebenarnya apa sih vegetarian itu?

Vegetarian adalah suatu sebutan bagi orang-orang yang hanya memakan sayur dan buah, serta tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan. 
 
Lalu kenapa dengan menjadi vegetarian kita bisa mengurangi efek global warming? Karena industri peternakan menyumbang 40% gas emisi ke udara dan tercatat sebagai penyumbang karbondioksida terbesar di dunia. Jadi dengan menjadi vegetarian kita bisa mengurangi aktivitas dari industri peternakan.

 Selain itu, ternyata vegetarian juga memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan jenis makanan yang dikonsumsi.

photo courtesy: weheartit

1.      Pescatarian
Sama seperti vegetarian, seorang pescatarian juga hanya makan sayur dan buah, namun mereka masih mengonsumsi ikan.

2.      Flexitarian/Semi-vegetarian
Flexitarian adalah sebutan bagi orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya menjadi seorang vegetarian, tapi kadang masih makan daging, terutama pada hari-hari special atau pada hari raya.

3.      Vegetarian
Vegetarian dibagi menjadi 2 jenis, Lacto-vegetarian dan Ovo-vegetarian. Lacto-vegetarian adalah mereka yang tidak makan daging, termasuk terlur tapi masih memakan produk olahan hewan seperti keju dan susu. Sedangkan Ovo-vegetarian masih memakan telur, tapi tidak makan daging atau produk olahan hewan apapun.

4.      Vegan
Vegan adalah vegetarian yang beraliran sangat keras. Mereka tidak makan segala jenis daging, telur, dan produk olahan hewan apapun. Jadi mereka murni hanya memakan buah dan sayuran.

5.      Raw Vegan
Raw vegan bukan hanya memilih untuk menjadi vegan, tetapi juga menolak makanan yang sudah dipanaskan lebih dari 46 derajat celcius. Hal ini disebabkan karena mereka percaya, makanan yang dimasak melebihi suhu tersebut telah kehilangan nutrisinya.

Taken from:
Kawanku No. 56 – 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar