Jumat, 04 November 2011

Mnemonic Techniques


Teknik mnemonic adalah teknik yang diciptakan untuk membantu kita dalam mempermudah mengingat hal-hal yang kita pelajari.

1.      Acronyms
Kita pasti sudah tidak asing dengan yang satu ini, acronyms merupakan nama lain dari singkatan. Contoh yang paling mudah adalah menggunakan singkatan ‘mejukihibiniu’ untuk menghafalkan warna-warna pelangi.

2.      Acrostics
Acrostics hampir sama dengan acronyms, bedanya kita membuat singkatan dengan membuat kalimat baru. Misalnya kita ingin menghafal Hidrogen, Oksigen, dan Nitrogen. Tinggal ambil huruf pertamanya dan susun menjadi kalimat baru semisal Hantu Ompong Ngamuk. 

3.      Rhymes and Songs
Kalau kita pandai menghafal lirik lagu, lebih baik kita menggunakan metode ini. Kita tinggal mengubah hal yang perlu kita hafal menjadi sebuah lagu.

4.      Chunking
Chunking adalah metode yang digunakan untuk menghafal angka. Kita pasti akan cenderung kesulitan untuk menghafal delapan digit angka atau lebih, jadi lebih baik membagi deretan angka tersebut menjadi beberapa bagian agar lebih mudah diingat oleh otak.

5.      Link System
Metode ini dilakukan dengan cara membuat cerita untuk menghubungkan sesuatu. Teknik ini dapat kita gunakan jika ingin menghafal suatu daftar. Misalnya kita harus mengahafal daftar yang isinya: kebun, bunglon, kecoak, pohon. Kita bisa menyusunnya menjadi sebuah cerita, di kebun ada bunglon yang memakan kecoak di atas pohon.

Selain dengan teknik mnemonic diatas, kita bisa menciptakan metode-metode belajar kita sendiri karena tidak ada teori khusus tentang cara belajar, selama metode itu benar-benar cocok dengan kita dan dapat membantu kita belajar.

(Sumber: Kawanku No.54)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar