Selasa, 08 November 2011

Resensi Glam Girls


Judul Buku                   : Glam Girls
Penulis                         : Nina Ardianti
Penerbit                      : GagasMedia
Tahun Terbit               : 2008
Cetakan                       : Ke I
Penyunting                  : Christian Simamora
Tebal Buku                  : VI + 339


Garis besar cerita:

Novel Glam Girls ini bercerita tentang perjalanan Adriana Fernandhita Fauzi yang sedang mencari jati diri. Perjalanan Adriana dimulai ketika Ia harus mengikuti keinginan orang tuanya agar Ia melanjutkan SMA di Voltaire International School—VIS—, padahal impiannya adalah masuk SMA Harapan Bangsa. Adriana merasa kurang senang melanjutkan SMA di VIS karena Ia sudah bosan melihat murid-murid VIS yang merasa bersekolah di VIS adalah suatu gelar yang patut dibanggakan. Kalau ingin menjadi anak VIS maka Ia harus sangat kaya atau sangat pintar. Sampai pada akhirnya Ia bertemu satu geng yang menyebalkan, yang terdiri dari Rashi, Maybella, dan Marion. Karena sebuah kebetulan, Ia satu kelompok dengan Rashi dan Maybella, Adriana menjadi salah satAu anggota geng Rashi, menggantikan Marion yang telah berkhianat. Namun, semenjak manjadi salah satu anggota geng Rashi dan mengikuti segala kegiatan mereka, nilai Adriana menjadi jeblok ditambah berbagai gosip miring tentang dirinya. Dari sinilah Adriana mulai berpikir, apa yang sebenarnya Ia inginkan.

Novel ini bercerita tentang kehidupan remaja sekarang dan gaya hidup. Buku ini cocok untuk para remaja yang sedang mencari jati diri.

Glam Girls ini adalah novel pertama dari “The Glam Girls Novel”. Novel pertama ini menggunakan sudut pandang Adriana yang dirasa sangat cocok sebagai pembuka novel dan sebagai pengawal cerita-cerita pada novel selanjutnya. Pada novel kedua, sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang Rashi.
Secara keseluruhan, novel ini bagus dan layak untuk dibaca karena tema ceritanya yang sangat dekat dengan dunia remaja sekarang, walaupun setting Voltaire International School yang digambarkan terlalu ‘wah’ dan tidak sesuai dengan sekolah-sekolah di Indonesia. Selain itu, novel ini dituliskan secara mengalir dan mudah dimengerti jadi asyik untuk dinikmati. 

Selain dari segi cerita, cover adalah hal penting lainnya yang sering digunakan pembaca dalam memilih novel. Tak sedikit pembaca yang melihat bagus tidaknya cover daripada melihat synopsis ceritanya saat membeli. Novel Glam Girls ini juga memiliki cover yang tak kalah menarik. Berbeda dengan novel remaja yang biasanya menggunakan cover kartun, novel ini memiliki model sebagai cover , sehingga penampilannya lain daripada yang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar